RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Sekolah : SD Negeri
Kelas/Semester : II/1(satu)
Tema : 2. Bermain di Lingkunganku
Subtema : 4 Bermain di Tempat
Wisata
Pembelajaran : 2
Alokasi
Waktu : 5 X 35 menit (1 kali
pertemuan)
A.
Kompetensi
Inti (KI)
1.
Menerima,
menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.
Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, tetangga dan negara.
3.
Memahami
pengetahuan faktual ,konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara
mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya,
makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di
rumah, disekolah, dan tempat bermain.
4.
Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak
kreatif, produktif, kritis, mamndiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam
bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis,
dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan
perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.
Kompetensi Dasar dan Indikator
Pencapaian Kompetensi
1.
Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2
Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan isi
teks pendek yang dibacakan
3.2.2 Mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana
3.2.3
Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan
bentuknya
|
4.2 Melaporkan penggunaan kosakata bahasa
Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman
benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan
visual.
|
4.2.1 Melakukan pengamatan sederhana berdasarkan teks
pendek
|
2.
PJOK
Kompetensi
Dasar
|
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
3.2 Menguraikan kosakata
dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau ekspolarasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan variasi gerakan menekuk
tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan domba serigala
|
4.2 Mempraktikkan variasi
gerak dasar nonlokomotor sesuai
dengan konsep tubuh, ruang,
usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau
tradisional.
|
4.2.1 Mempraktikkan variasi gerak menekuk
tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam
berbagai bentuk permainan domba serigala
|
C. Tujuan Pembelajaran
1.
Setelah mendengarkan teks
“Istana Pasir”, siswa dapat menjelaskan isi teks pendek yang dibacakan sesuai
isi teks.
2.
Setelah mendengarkan teks ”Istana Pasir”, siswa dapat melakukan pengamatan
sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan teks pendek
yang dibacakan.
3.
Melalui kegiatan pengamatan gambar benda yang digunakan dalam membuat
istana pasir, siswa dapat mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan
sederhana paling sedikit 3 benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
4.
Melalui kegiatan pengamatan gambar benda yang terdapat di pantai, siswa
dapat mengelompokkan paling sedikit 3 benda berdasarkan bentuknya.
5.
Setelah mendengarkan teks
“Bermain Domba Serigala”, siswa dapat menjelaskan variasi gerakan menekuk tanpa
berpindah tempat sesuai dengan isi teks.
6.
Melalui
kegiatan demonstrasi, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa
berpindah tempat dalam permainan domba serigala dengan percaya diri.
D.
Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
1. Laporan
hasil pengamatan
PJOK
1. Gerakan
menekuk tanpa berpindah tempat
E. Metode
Pembelajaran
Pendekatan : Pendekatan Scientific
Metode : Tanya jawab, Ceramah, Pengamatan,
Demonstrasi, Pemberian Tugas
F. Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
|
Uraian
|
Alokasi Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Guru mengucapkan salam pembuka.
2.
Guru
menanyakan kabar dan kondisi kesehatan siswa, serta
mengingatkan untuk selalu bersyukur.
3.
Siswa dibimbing untuk berdo’a
menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum memulai pembelajaran.
4.
Guru
mengecek
kehadiran siswa.
5.
Siswa diajak untuk tepuk PPK.
6.
Siswa mengamati gambar anak sedang
bermain istana pasir, guru
melakukan apersepsi melalui pertanyaan.
“Apakah yang sedang dilakukan teman –
teman pada gambar tersebut?”
“Apa saja benda yang terdapat pada
gambar tersebut?”
7.
Guru mengkomunikasikan tema, subtema, tujuan pembelajaran
yang akan dicapai, dan kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini.
|
10
menit
|
Inti
|
1. Guru
menulis sebuah judul “Istana Pasir” di papan tulis, siswa bertanya jawab
tentang judul “Istana Pasir”.
2. Siswa
mendengarkan pembacaan teks “Istana Pasir” yang dibacakan guru.
3. Siswa
menjawab pertanyaan tentang isi teks “Istana Pasir”.
4. Siswa
membaca teks “Istana Pasir” yang terdapat pada buku siswa untuk memastikan
kebenaran pemahaman isi teks yang telah dibacakan sebelumnya.
5. Siswa
bersama-sama mengoreksi jawabannya dengan bimbingan guru.
6. Siswa
membentuk kelompok dengan masing – masing kelompok terdiri dari 4 orang.
7. Masing
– masing kelompok dibagikan LKPD
1 (Lembar Kegiatan Peserta Didik 1) oleh guru.
8. Siswa
melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar
berdasarkan bentuknya.
9. Siswa
menuliskan hasil pengamatannya berupa nama benda dan ciri – ciri benda pada
laporan sederhana.
10.
Siswa menyimpulkan hasil pengamatan
yang dilakukan bersama kelompoknya.
11.
Siswa mempresentasikan hasil
diskusi kelompoknya masing – masing.
12.
Siswa dibagikan
LKPD 2 (Lembar Kegiatan Peserta Didik 2) oleh guru.
13.
Siswa mengamati berbagai gambar
benda yang digunakan dalam membuat istana pasir secara individu.
14.
Siswa mengelompokkan keragaman
benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
15.
Siswa bersama-sama mengoreksi
hasilnya dengan bimbingan guru.
16.
Siswa memperhatikan teks “Bermain
Domba Serigala” yang dibacakan guru.
17.
Siswa bertanya jawab dengan guru
tentang cara dan aturan bermain permainan Domba Serigala.
18.
Siswa mempraktikkan gerakan dasar
menekuk dengan bimbingan guru.
19.
Siswa mempraktikkan permainan Domba
Serigala secara klasikal.
20.
Siswa menceritakan kembali cara melakukan permainan Domba
Serigala secara tertulis.
|
150
menit
|
Penutup
|
1.
Siswa bersama guru membuat simpulan
kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.
Siswa menyelesaikan soal tes hasil
belajar dalam waktu 10 menit.
3.
Siswa bertanya jawab dengan guru
tentang kesannya selama mengikuti pembelajaran.
4.
Guru memberikan pesan moral agar
siswa selalu
mentaati
aturan ketika bermain.
5.
Guru memberikan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya.
6.
Salah satu siswa memimpin berdoa
untuk mengakhiri pembelajaran.
7.
Guru mengucapkan salam penutup.
|
15
menit
|
G. Penilaian
1. Teknik
penilaian :
a. Penilaian
pengetahuan : Tes tulis
b. Penilaian
sikap : Pengamatan/observasi
c. Penilaian
keterampilan : Penilaian
Kinerja
2. Instrumen
penilaian :
a. Penilaian
pengetahuan : Soal jawaban
singkat
b. Penilaian
sikap : Lembar pengamatan/ Lembar
Observasi (Jurnal Harian)
c. Penilaian
keterampilan : Rubrik Penilaian
Kinerja
H. Media dan Sumber Belajar
1.
Media
a.
Teks bacaan “Istana Pasir”
b.
Gambar berbagai benda yang ada di pantai
yang digunakan dalam permainan istana pasir
c.
Teks bacaan “Bermain Domba Serigala”
d.
Video permainan domba serigala.
2.
Sumber Belajar
a.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2017. Bermain di
Lingkunganku Tema 1I Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.
b.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia. 2017. Bermain di
Lingkunganku Tema I1 Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta:
Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.
I. KEGIATAN REMEDIAL, PENGAYAAN DAN
KOKURIKULER
A. Remedial
1. Menjelaskan isi
teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar.
2. Menjelaskan cara melakukan
gerakan menekuk tanpa berpindah tempat.
B.
Pengayaan
1. Membuat laporan
benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
2. Menjelaskan variasi
gerakan menekuk tanpa berpindah tempat pada permainan domba dan serigala.
- Kokurikuler
Siswa
diajak mengunjungi perpustakaan untuk menggali informasi dari buku bacaan
tentang benda di sekitar.
Mengetahui
Dosen Pembimbing
NIP.
…………………………….
|
Kediri, …………………………
Praktikan
|
Lampiran
– lampiran :
1. Bahan
ajar
2. Media
pembelajaran
3. Lembar
Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
4. Soal
Evaluasi
5. Kisi-kisi
Soal Evaluasi
6. Kunci
Jawaban dan Pedoman Penilaian
7. Instrumen/Rubrik
Penilaian
8. Lembar
Penilaian
Lampiran 1
Bahan Ajar
Benda tetap dan benda
tidak tetap
· Berdasarkan bentuknya,
benda dapat dibedakan menjadi benda tetap dan benda tidak tetap.
· Ciri-ciri benda tetap yaitu:
1. Bentuknya tetap meskipun
dipindah tempatnya.
2. Ukurannya tidak
berubah-ubah.
· Contoh benda tetap yaitu:
1. Sekop
2. Ember
· Ciri-ciri benda tidak
tetap yaitu:
1.
Bentuknya
berubah – ubah sesuai tempatnya.
2.
Ukurannya
berubah-ubah.
· Contoh benda tetap yaitu:
1. Pasir
2. Air
Gerakan menekuk tanpa
berpindah tempat
1. Gerakan menekuk
tanpa berpindah tempat termasuk gerakan non lokomotor.
2. Variasi gerakan
menekuk tanpa berpindah tempat diantaranya dengan menekuk badan, tangan dan
kaki.
3. Berhati –
hatilah ketika melakukan gerakan menekuk tanpa berpindah tempat.
4. Sebelum dan
sesudah memulai, perlu dilakukan pemanasan dan pendinginan terlebih dahulu
untuk menghindari cidera otot.
Permainan Domba Serigala
Pilihlah
seorang temanmu untuk menjadi serigala yang bersembunyi di hutan. Sementara itu,
anak – anak yang lain menjadi domba. Serigala berdiri di bagian ujung, bagilah
domba menjadi dua barisan sejajar ke samping dan tempatkan mereka di ujung area
yang berlawanan dengan serigala. Permainan diawali dengan para domba bertanya
kepada serigala. “Hai serigala, pukul berapa sekarang?”. Serigala menjawab
dengan angka 1 sampai 10. Jika serigala sudah menjawab, para domba yang ada di
barisan pertama maju ke arah serigala dengan jumlah sesuai dengan angka yang
dikatakan serigala. Permainan dilanjutkan sampai serigala menjawab tengah
malam, maka domba harus kembali ke belakang garis awal. Serigala harus menangkap domba
sebanyak-banyaknya. Permainan berakhir jika semua baris mendapat giliran, lalu
dihitung jumlah domba yang tertangkap.
Lampiran 2
MEDIA
PEMBELAJARAN
1.
Teks bacaan “Istana Pasir”
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan
pembelajaran menjelaskan isi teks pendek
yang dibacakan. (Muatan pelajaran Bahasa Indonesia)
Alat yang dibutuhkan :
Kertas bertuliskan teks bacaan “Istana Pasir”
Cara penggunaan :
Siswa mendengarkan pembacaan teks berjudul “Istana Pasir” secara
klasikal, kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks secara individu. Setelah menjawab pertanyaan, siswa
membaca teks bacaan “Istana Pasir” untuk mencocokkan jawabannya.
2.
Gambar berbagai benda yang ada di pantai
yang digunakan dalam permainan istana pasir
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan
pembelajaran mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana, mengelompokkan
keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya, melakukan
pengamatan sederhana berdasarkan teks pendek (Muatan pelajaran Bahasa Indonesia)
Alat yang dibutuhkan :
Kertas berisikan gambar berbagai macam benda
Cara penggunaan :
Siswa mengamati gambar secara individu, kemudian mengelompokkan
keragaman benda di sekitar berdasarkan bentuknya.
3.
Teks bacaan “Bermain Domba Serigala”
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan
pembelajaran mempraktikkan
variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan
konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan
dalam berbagai bentuk permainan domba serigala. (Muatan pelajaran PJOK)
Alat yang dibutuhkan :
Kertas bertuliskan teks bacaan “Bermain Doba Serigala”
Cara penggunaan :
Siswa mendengarkan pembacaan teks berjudul “Istana Pasir” secara
klasikal, kemudian bertanya jawab tentang permainan domba serigala.
4.
Video permainan domba serigala.
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan
pembelajaran menjelaskan
variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai
dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala. (Muatan pelajaran PJOK)
Alat yang dibutuhkan :
Laptop, speaker aktif, LCD proyektor
Cara penggunaan :
Siswa memperhatikan tampilan video serigala domba secara klasikal,
kemudian mempraktikkannya secara berkelompok.
|
Lembar
Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 1
Kelas/Semester :
II (Dua)/1 (Ganjil)
Tema/Subtema :
2. Bermain di Lingkunganku/4.Bermain di Tempat Wisata
Tujuan Pembelajaran :
1.
Melakukan
pengamatan sederhana berdasarkan teks pendek
2.
Mengemukakan
hasil pengamatan melalui laporan sederhana
Siapkan alat tulismu!
Tuliskan identitas kelompokmu di tempat yang telah
disediakan!
Ikutilah petunjuk kegiatan dibawah ini!
Jika ada yang belum paham, tanyakan pada gurumu!
Selamat mengerjakan J
Ayo Berdiskusi!
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 2
Kelas/Semester :
II (Dua)/1 (Ganjil)
Tema/Subtema :
2. Bermain di Lingkunganku/4.Bermain di Tempat Wisata
Tujuan Pembelajaran :
1.
Mengelompokkan
keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya
Siapkan alat tulismu!
Tuliskan identitasmu di tempat yang telah
disediakan!
Ikutilah petunjuk kegiatan dibawah ini!
Jika ada yang belum paham, tanyakan pada gurumu!
Selamat mengerjakan J
Ayo Mengamati!
Lampiran
5
KISI-KISI SOAL EVALUASI
TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2
KELAS/SEMESTER:
II/1
Muatan
Pelajaran
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
No
Soal
|
Soal
|
Kunci Jawaban
|
Bahasa
Indonesia
|
3.2 Menguraikan kosakata
dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya
dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual,
dan/atau ekspolarasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan isi
teks pendek yang dibacakan
3.2.2 Mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana
3.2.3
Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan
bentuknya
|
1
|
Istana
Pasir
Istana
pasir adalah bermain membuat
bangunan
istana terbuat dari pasir.
Bahan
utama yang digunakan adalah pasir
dan
air.
Istana
pasir biasanya dibuat di pantai.
Membuat
bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop.
Tetapi
orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir.
Bahan
utama untuk membuat istana pasir adalah …
|
Pasir dan air
|
2
|
Istana pasir biasanya dibuat di …
|
Pantai
|
|||
3
|
Istana pasir suka dibuat oleh …
|
Anak – anak
|
|||
4
|
Amati gambar berikut ini!
Nama benda : ……………………………
Ciri – ciri benda : ………………………..
|
Ember
Bentuknya tetap
|
|||
PJOK
|
3.2
Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda
berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah
melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
|
3.2.1 Menjelaskan variasi gerakan menekuk
tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep
tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai
bentuk permainan domba serigala
|
5
|
Amati gambar berikut ini!
Nama benda : ……………………………
Ciri – ciri benda : ………………………..
|
Nama benda : sekop
Ciri – ciri benda : terbuat dari kayu,
|
6
|
Perhatikan gambar di bawah ini!
1 2 3 4 5 6
Yang termasuk kelompok benda tetap adalah nomor …
|
2, 4, dan 6
|
|||
7
|
Yang termasuk kelompok benda tidak tetap adalah nomor …
|
1, 3, dan 5
|
|||
8
|
Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat termasuk gerakan …
|
Non lokomotor
|
|||
9
|
Variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat diantaranya
dengan menekuk badan, tangan dan …
|
Kaki
|
|||
10
|
Dalam permainan domba dan serigala, jika serigala menjawab
tengah malam maka domba harus kembali ke …
|
Belakang garis awal
|
Siapkan alat tulismu!
Tuliskan
identitasmu di tempat yang telah disediakan!
Jangan lupa berdoa sebelum mulai
mengerjakan!
Jika ada yang belum paham, tanyakan
pada gurumu!
Selamat mengerjakan J
Isilah
titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
Istana
Pasir
Istana
pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir. Bahan utama
yang digunakan adalah pasir dan air. Istana pasir biasanya dibuat di pantai.
Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember
dan sekop. Tetapi orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir.
1. Bahan utama untuk membuat istana pasir adalah …
2. Istana pasir biasanya dibuat di …
3. Istana pasir suka dibuat oleh …
4.
Nama benda : ……………………………
Ciri – ciri benda : ………………………..
5.
Nama benda : ……………………………
Ciri – ciri benda : ………………………..
6.
Perhatikan
gambar di bawah ini! Yang termasuk kelompok benda tetap adalah nomor …
1 2 3 4 5 6
7. Yang termasuk kelompok benda tidak tetap adalah nomor …
8. Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat termasuk gerakan …
9. Variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat diantaranya dengan
menekuk badan, tangan dan …
10. Dalam permainan domba dan serigala, jika serigala menjawab tengah
malam maka domba harus kembali ke …
Lampiran
6
Kunci
Jawaban Tes Hasil Belajar dan Pedoman Penilaian
1. Pasir
dan air
2.
Pantai
3.
Anak - anak
4.
Ember, bentuknya tetap
5.
Sekop, terbuat dari kayu
6.
2,4,6
7.
1,3,5
8.
Non lokomotor
9.
Kaki
10.
Belakang garis awal
PEDOMAN
PENILAIAN
Muatan
Pelajaran
|
Nomor Soal
|
Skor Maksimal
|
Nilai Akhir
|
Bahasa Indonesia
|
1
|
1
|
Nilai Akhir = x 100
-
Skor maksimal 7
-
Skor = 100 x 7 = 100
7
|
2
|
1
|
||
3
|
1
|
||
4
|
1
|
||
5
|
1
|
||
6
|
1
|
||
7
|
1
|
||
Matematika
|
8
|
1
|
Nilai Akhir = x 100
-
Skor maksimal 3
-
Skor = x 3
|
9
|
1
|
||
10
|
1
|
Skor
maksimal penilaian = 100
Penilaian
= x 100
REKAP
PENILAIAN SOAL EVALUASI
No
|
NAMA SISWA
|
B. Indonesia
|
PJOK
|
3.1
|
3.2
|
||
1
|
|||
2
|
|||
3
|
|||
4
|
|||
5
|
Lampiran 7
INSTRUMEN PENILAIAN
1.
PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
a.
Penilaian Sikap Berdo’a Sebelum dan
Sesudah Melakukan Sesuatu
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
1
|
Berdoa
sebelum dan sesudah belajar
|
Jika
sebelum dan sesudah belajar belum berdoa
|
Jika
berdoa sebelum atau sesudah belajar saja, dengan diingatkan guru
|
Jika
berdoa sebelum / sesudah belajar saja, tanpa diingatkan guru
|
Jika
berdoa sebelum dan sesudah belajar, tanpa diingatkan guru
|
b.
Penilaian Sikap Bersyukur
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
1
|
Berterima
kasih atas pemberian orang lain
|
Jika hanya 1 deskripsi yang muncul
|
Jika hanya 2 deskripsi yang muncul
|
Jika 3 deskripsi muncul
|
Jika 4 deskripsi muncul semua
|
2
|
Suka
memberi atau menolong sesama
|
||||
3
|
Selalu
berterima kasih bila menerima pertolongan
|
||||
4
|
Selalu
menerima penugasan dengan sikap terbuka
|
2.
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
b.
Sikap Disiplin
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
1
|
Tertib
dalam melaksanakan tugas
|
Jika hanya 1 deskripsi yang muncul
|
Jika hanya 2 deskripsi yang muncul
|
Jika 3 deskripsi muncul
|
Jika 4 deskripsi muncul semua
|
2
|
Masuk
kelas tepat waktu
|
||||
3
|
Memakai
pakaian seragam lengkap dan rapi
|
||||
4
|
Mengumpulkan
tugas sekolah tepat waktu
|
c.
Sikap Percaya Diri
No
|
Aspek Pengamatan
|
Skor
|
|||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
(1)
|
(2)
|
(3)
|
(4)
|
||
1
|
Berani
tampil di depan kelas
|
Jika hanya 1 deskripsi yang muncul
|
Jika hanya 2 deskripsi yang muncul
|
Jika 3 deskripsi muncul
|
Jika 4 deskripsi muncul semua
|
2
|
Berani
mengemukakan pendapat
|
||||
3
|
Berani
mencoba hal baru yang bermanfaat
|
||||
4
|
Mengajukan
diri mengerjakan tugas / soal di papan tulis
|
3.
PENILAIAN KETERAMPILAN
Menuliskan
kembali kalimat yang mengandung kata perintah (KD 4.1)
Kriteria
|
Baik
Sekali (4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu
Bimbi- ngan (1)
|
Siswa dapat menuliskan kembali kalimat yang mengandung kata
perintah dengan kriteria:
1.
Kalimat perintah
ditulis dengan memerhatikan EYD
2.
Isi kalimat sesuai dengan teks percakapan
3. Percaya diri
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi
2 kriteria
|
Memenuhi
1 kriteria
|
Belum dapat menuliskan
kembali kalimat perintah
|
Menggambar
imajinatif (KD 4.1)
Kriteria
|
Baik sekali
(4)
|
Baik
(3)
|
Cukup
(2)
|
Perlu Bimbingan
(1)
|
Siswa dapat menggambar imajinatif dengan
kriteria:
1.
Bahan yang digunakan
benar
2.
Alat yang digunakan
benar
3.
Komposisi bentuk gambar
seimbang
4.
Warna gambar bervariasi
|
Memenuhi 4
kriteria
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi 2 kriteria
|
Memenuhi 1 kriteria
|
Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan
pengurangan (KD 4.3)
Aspek/Kriteria
|
Baik Sekali (4)
|
Baik (3)
|
Cukup (2)
|
Perlu Bimbi- ngan (1)
|
Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan
dengan pengurangan dengan kriteria:
1. Menyelesaikan masalah pengurangan dengan teknik pendek
2. Menyelesaikan masalah pengurangan dengan teknik panjang
3. Percaya
diri
|
Memenuhi 3 kriteria
|
Memenuhi 2 kriteria
|
Memenuhi 1 kriteria
|
Belum dapat menyelesaikan soal pengurangan
|
Lampiran 8
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Pengamatan
|
Skor Akhir
|
Predikat
|
|||||||
Berdo’a
|
Bersyukur
|
||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL
No
|
Nama Siswa
|
Aspek Pengamatan
|
Skor Akhir
|
Predikat
|
|||||||
Disiplin
|
Percaya
Diri
|
||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||||
1
|
|||||||||||
2
|
|||||||||||
3
|
|||||||||||
4
|
|||||||||||
5
|
KETERANGAN:
BT
(1) :
Belum Terlihat
MT
(2) : Mulai Terlihat
MB
(3) : Mulai Berkembang
SM
(4) : Sudah Membudaya
PEDOMAN PENSKORAN:
Skor akhir
menggunakan skala 1 sampai 4.
Skor
maksimal setiap karakter sikap = 4 sehingga perhitungan setiap skor akhir
menggunakan rumus:
Skor akhir = x 4
Setelah diketahui skor akhir, guru
dapat menentukan predikat sikap siswa berikut ini
Skor Akhir
|
Predikat
|
4,00
|
SB (Sangat Baik)
|
3,00
|
B (Baik)
|
2,00
|
C ( Cukup)
|
1,00
|
K (Kurang)
|
LEMBAR
PENGAMATAN KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA
4.1
TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN
BAHASA PJOK
4.2
TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2
No
|
Nama Siswa
|
Kriteria
|
Predikat
|
|||
4
|
3
|
2
|
1
|
|||
1
|
||||||
2
|
||||||
3
|
||||||
4
|
||||||
5
|
Komentar
Posting Komentar