RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)

Sekolah                       : SD Negeri
Kelas/Semester            : II/1(satu)
Tema                           : 2. Bermain di Lingkunganku
Subtema                      : 4 Bermain di Tempat Wisata
Pembelajaran               : 2
Alokasi Waktu            : 5 X 35 menit (1 kali pertemuan)

A.       Kompetensi Inti (KI)
1.    Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru, tetangga dan negara.
3.    Memahami pengetahuan faktual ,konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat dasar dengan cara mengamati, menanya, dan mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, disekolah, dan tempat bermain.
4.    Menunjukkan keterampilan berfikir dan bertindak kreatif, produktif, kritis, mamndiri, kolaboratif, dan komunikatif. Dalam bahasa yang jelas, sistematis, logis dan kritis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan tindakan yang mencerminkan perilaku anak sesuai dengan tahap perkembangannya.
B.       Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
1.      Bahasa Indonesia
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2   Menguraikan  kosakata  dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
3.2.1   Menjelaskan isi teks pendek yang dibacakan
3.2.2   Mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana
3.2.3   Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya
4.2    Melaporkan penggunaan kosakata bahasa Indonesia yang tepat atau bahasa daerah hasil pengamatan tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bentuk teks tulis, lisan, dan visual.
4.2.1 Melakukan pengamatan sederhana berdasarkan teks pendek
2.      PJOK
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.2 Menguraikan  kosakata  dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
3.2.1 Menjelaskan variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala
4.2  Mempraktikkan  variasi  gerak  dasar  nonlokomotor  sesuai  dengan konsep    tubuh, ruang, usaha, dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan sederhana dan atau tradisional.
4.2.1 Mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala
C.    Tujuan Pembelajaran
1.        Setelah mendengarkan teks “Istana Pasir”, siswa dapat menjelaskan isi teks pendek yang dibacakan sesuai isi teks.
2.        Setelah mendengarkan teks ”Istana Pasir”, siswa dapat melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan teks pendek yang dibacakan.
3.        Melalui kegiatan pengamatan gambar benda yang digunakan dalam membuat istana pasir, siswa dapat mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana paling sedikit 3 benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
4.        Melalui kegiatan pengamatan gambar benda yang terdapat di pantai, siswa dapat mengelompokkan paling sedikit 3 benda berdasarkan bentuknya.
5.        Setelah mendengarkan teks “Bermain Domba Serigala”, siswa dapat menjelaskan variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan isi teks.
6.        Melalui kegiatan demonstrasi, siswa dapat mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat dalam permainan domba serigala dengan percaya diri.
D.    Materi Pembelajaran
Bahasa Indonesia
1.      Laporan hasil pengamatan
PJOK
1.      Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan          : Pendekatan Scientific
Metode                 : Tanya jawab, Ceramah, Pengamatan, Demonstrasi, Pemberian Tugas
F.     Langkah-langkah Pembelajaran
Kegiatan
Uraian
Alokasi Waktu
Pendahuluan
1.        Guru mengucapkan salam pembuka.
2.        Guru menanyakan kabar dan kondisi kesehatan siswa, serta mengingatkan untuk selalu bersyukur.
3.        Siswa dibimbing untuk berdo’a menurut agama dan keyakinan masing-masing sebelum memulai pembelajaran.
4.        Guru mengecek kehadiran siswa.
5.        Siswa diajak untuk tepuk PPK.
6.        Siswa mengamati gambar anak sedang bermain istana pasir, guru melakukan apersepsi melalui pertanyaan.
“Apakah yang sedang dilakukan teman – teman pada gambar tersebut?”
“Apa saja benda yang terdapat pada gambar tersebut?”
7.        Guru mengkomunikasikan tema, subtema, tujuan pembelajaran yang akan dicapai, dan kegiatan yang akan dilakukan pada hari ini.
10 menit
Inti
1.    Guru menulis sebuah judul “Istana Pasir” di papan tulis, siswa bertanya jawab tentang judul “Istana Pasir”.
2.    Siswa mendengarkan pembacaan teks “Istana Pasir” yang dibacakan guru.
3.    Siswa menjawab pertanyaan tentang isi teks “Istana Pasir”.
4.    Siswa membaca teks “Istana Pasir” yang terdapat pada buku siswa untuk memastikan kebenaran pemahaman isi teks yang telah dibacakan sebelumnya.
5.    Siswa bersama-sama mengoreksi jawabannya dengan bimbingan guru.
6.    Siswa membentuk kelompok dengan masing – masing kelompok terdiri dari 4 orang.
7.    Masing – masing kelompok dibagikan LKPD 1 (Lembar Kegiatan Peserta Didik 1) oleh guru.
8.    Siswa melakukan pengamatan sederhana tentang keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
9.    Siswa menuliskan hasil pengamatannya berupa nama benda dan ciri – ciri benda pada laporan sederhana.
10.              Siswa menyimpulkan hasil pengamatan yang dilakukan bersama kelompoknya.
11.              Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya masing – masing.
12.              Siswa dibagikan LKPD 2 (Lembar Kegiatan Peserta Didik 2) oleh guru.
13.              Siswa mengamati berbagai gambar benda yang digunakan dalam membuat istana pasir secara individu.
14.              Siswa mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya.
15.              Siswa bersama-sama mengoreksi hasilnya dengan bimbingan guru.
16.              Siswa memperhatikan teks “Bermain Domba Serigala” yang dibacakan guru.
17.              Siswa bertanya jawab dengan guru tentang cara dan aturan bermain permainan Domba Serigala.
18.              Siswa mempraktikkan gerakan dasar menekuk dengan bimbingan guru.
19.              Siswa mempraktikkan permainan Domba Serigala secara klasikal.
20.              Siswa menceritakan  kembali cara melakukan permainan Domba Serigala secara tertulis.
150 menit
Penutup
1.        Siswa bersama guru membuat simpulan kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.        Siswa menyelesaikan soal tes hasil belajar dalam waktu 10 menit.
3.        Siswa bertanya jawab dengan guru tentang kesannya selama mengikuti pembelajaran.
4.        Guru memberikan pesan moral agar siswa selalu mentaati aturan ketika bermain.
5.        Guru memberikan informasi mengenai pembelajaran selanjutnya.
6.        Salah satu siswa memimpin berdoa untuk mengakhiri pembelajaran.
7.        Guru mengucapkan salam penutup.
15 menit
G.    Penilaian
1.      Teknik penilaian :
a.    Penilaian pengetahuan            : Tes tulis
b.    Penilaian sikap                                    : Pengamatan/observasi
c.    Penilaian keterampilan            : Penilaian Kinerja
2.      Instrumen penilaian :
a.     Penilaian pengetahuan            : Soal jawaban singkat
b.    Penilaian sikap                                    : Lembar pengamatan/ Lembar Observasi (Jurnal Harian)
c.    Penilaian keterampilan            : Rubrik Penilaian Kinerja
H.    Media dan Sumber Belajar
1.      Media
a.       Teks bacaan “Istana Pasir”
b.      Gambar berbagai benda yang ada di pantai yang digunakan dalam permainan istana pasir
c.       Teks bacaan “Bermain Domba Serigala”
d.      Video permainan domba serigala.
2.      Sumber Belajar
a.       Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Bermain di Lingkunganku Tema 1I Buku Siswa Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.
b.    Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. 2017. Bermain di Lingkunganku Tema I1 Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan Balitbang Kemdikbud.
I.       KEGIATAN REMEDIAL, PENGAYAAN DAN KOKURIKULER
A.    Remedial
1.      Menjelaskan isi teks pendek yang berkaitan dengan keragaman benda di sekitar.
2.      Menjelaskan cara melakukan gerakan menekuk tanpa berpindah tempat.
B.     Pengayaan
1.      Membuat laporan benda yang digunakan dalam membuat istana pasir.
2.      Menjelaskan variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat pada permainan domba dan serigala.
  1. Kokurikuler
Siswa diajak mengunjungi perpustakaan untuk menggali informasi dari buku bacaan tentang benda di sekitar.

Mengetahui
Dosen Pembimbing


 

NIP. …………………………….
Kediri, …………………………
Praktikan


 


Lampiran – lampiran :
1.      Bahan ajar
2.      Media pembelajaran
3.      Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD)
4.      Soal Evaluasi
5.      Kisi-kisi Soal Evaluasi
6.      Kunci Jawaban dan Pedoman Penilaian
7.      Instrumen/Rubrik Penilaian
8.      Lembar Penilaian




Lampiran 1
Bahan Ajar
Benda tetap dan benda tidak tetap
·     Berdasarkan bentuknya, benda dapat dibedakan menjadi benda tetap dan benda tidak tetap.
·     Ciri-ciri benda tetap yaitu:
1.  Bentuknya tetap meskipun dipindah tempatnya.
2. Ukurannya tidak berubah-ubah.
·     Contoh benda tetap yaitu:
1.  Sekop
2. Ember
·     Ciri-ciri benda tidak tetap yaitu:
1.    Bentuknya berubah – ubah sesuai tempatnya.
2.   Ukurannya berubah-ubah.
·     Contoh benda tetap yaitu:
1.    Pasir
2.   Air

Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat
1.    Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat termasuk gerakan non lokomotor.
2.   Variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat diantaranya dengan menekuk badan, tangan dan kaki.
3.   Berhati – hatilah ketika melakukan gerakan menekuk tanpa berpindah tempat.
4.   Sebelum dan sesudah memulai, perlu dilakukan pemanasan dan pendinginan terlebih dahulu untuk menghindari cidera otot.
Permainan Domba Serigala
Pilihlah seorang temanmu untuk menjadi serigala yang bersembunyi di hutan. Sementara itu, anak – anak yang lain menjadi domba. Serigala berdiri di bagian ujung, bagilah domba menjadi dua barisan sejajar ke samping dan tempatkan mereka di ujung area yang berlawanan dengan serigala. Permainan diawali dengan para domba bertanya kepada serigala. “Hai serigala, pukul berapa sekarang?”. Serigala menjawab dengan angka 1 sampai 10. Jika serigala sudah menjawab, para domba yang ada di barisan pertama maju ke arah serigala dengan jumlah sesuai dengan angka yang dikatakan serigala. Permainan dilanjutkan sampai serigala menjawab tengah malam, maka domba harus kembali ke belakang garis awal.  Serigala harus menangkap domba sebanyak-banyaknya. Permainan berakhir jika semua baris mendapat giliran, lalu dihitung jumlah domba yang tertangkap.


Lampiran 2
MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Teks bacaan “Istana Pasir”
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran menjelaskan isi teks pendek yang dibacakan. (Muatan pelajaran Bahasa Indonesia)
Alat yang dibutuhkan :
Kertas bertuliskan teks bacaan “Istana Pasir”
Cara penggunaan :
Siswa mendengarkan pembacaan teks berjudul “Istana Pasir” secara klasikal, kemudian menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks secara individu. Setelah menjawab pertanyaan, siswa membaca teks bacaan “Istana Pasir” untuk mencocokkan jawabannya.
2.      Gambar berbagai benda yang ada di pantai yang digunakan dalam permainan istana pasir
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana, mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya, melakukan pengamatan sederhana berdasarkan teks pendek (Muatan pelajaran Bahasa Indonesia)
Alat yang dibutuhkan :
Kertas berisikan gambar berbagai macam benda
Cara penggunaan :
Siswa mengamati gambar secara individu, kemudian mengelompokkan keragaman benda di sekitar berdasarkan bentuknya.
3.      Teks bacaan “Bermain Domba Serigala”
Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran mempraktikkan variasi gerak menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala. (Muatan pelajaran PJOK)
Alat yang dibutuhkan :
Kertas bertuliskan teks bacaan “Bermain Doba Serigala”
Cara penggunaan :
Siswa mendengarkan pembacaan teks berjudul “Istana Pasir” secara klasikal, kemudian bertanya jawab tentang permainan domba serigala.
4.      Video permainan domba serigala.

Tujuan :
Memfasilitasi pencapaian tujuan pembelajaran menjelaskan variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala. (Muatan pelajaran PJOK)
Alat yang dibutuhkan :
Laptop, speaker aktif, LCD proyektor
Cara penggunaan :
Siswa memperhatikan tampilan video serigala domba secara klasikal, kemudian mempraktikkannya secara berkelompok.




Tinggi hati = ....................
 
Lampiran 3 LKPD
Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 1           
Kelas/Semester                      : II (Dua)/1 (Ganjil)
Tema/Subtema                       : 2. Bermain di Lingkunganku/4.Bermain di Tempat Wisata
Tujuan Pembelajaran           :
1.      Melakukan pengamatan sederhana berdasarkan teks pendek
2.      Mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana
 








Siapkan alat tulismu!
Tuliskan identitas kelompokmu di tempat yang telah disediakan!
Ikutilah petunjuk kegiatan dibawah ini!
Jika ada yang belum paham, tanyakan pada gurumu!
Selamat mengerjakan J
Ayo Berdiskusi!

Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) 2

Kelas/Semester                      : II (Dua)/1 (Ganjil)
Tema/Subtema                       : 2. Bermain di Lingkunganku/4.Bermain di Tempat Wisata
Tujuan Pembelajaran           :
1.      Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya
 





Siapkan alat tulismu!
Tuliskan identitasmu di tempat yang telah disediakan!
Ikutilah petunjuk kegiatan dibawah ini!
Jika ada yang belum paham, tanyakan pada gurumu!
Selamat mengerjakan J
Ayo Mengamati!


Lampiran 5
KISI-KISI SOAL EVALUASI
TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2

KELAS/SEMESTER: II/1
Muatan
Pelajaran
Kompetensi Dasar
Indikator
No
Soal
Soal
Kunci Jawaban
Bahasa Indonesia
3.2 Menguraikan  kosakata  dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.

3.2.1   Menjelaskan isi teks pendek yang dibacakan
3.2.2   Mengemukakan hasil pengamatan melalui laporan sederhana
3.2.3   Mengelompokkan keragaman benda di lingkungan sekitar berdasarkan bentuknya
1
Istana Pasir
Istana pasir adalah bermain membuat
bangunan istana terbuat dari pasir.
Bahan utama yang digunakan adalah pasir
dan air.
Istana pasir biasanya dibuat di pantai.
Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop.
Tetapi orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir.
Bahan utama untuk membuat istana pasir adalah …
Pasir dan air
2
Istana pasir biasanya dibuat di …
Pantai
3
Istana pasir suka dibuat oleh …
Anak – anak
4
Amati gambar berikut ini!
Nama benda : ……………………………
Ciri – ciri benda : ………………………..
Ember
Bentuknya tetap

PJOK
3.2 Menguraikan  kosakata  dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual, dan/atau ekspolarasi lingkungan.
3.2.1 Menjelaskan variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat sesuai dengan konsep tubuh, ruang, usaha dan keterhubungan dalam berbagai bentuk permainan domba serigala
5
Amati gambar berikut ini!
Nama benda : ……………………………
Ciri – ciri benda : ………………………..
Nama benda : sekop
Ciri – ciri benda : terbuat dari kayu,
6
Perhatikan gambar di bawah ini!
     
     1            2           3             4            5            6
Yang termasuk kelompok benda tetap adalah nomor …
2, 4, dan 6



7
Yang termasuk kelompok benda tidak tetap adalah nomor …
1, 3, dan 5

8
Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat termasuk gerakan …
Non lokomotor
9
Variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat diantaranya dengan menekuk badan, tangan dan …
Kaki




10
Dalam permainan domba dan serigala, jika serigala menjawab tengah malam maka domba harus kembali ke …
Belakang garis awal



Siapkan alat tulismu!
Reserved:   NAMA SISWA :   NO. ABSEN : NILAI :
_____________    _________      ______
Scroll: Horizontal: LEMBAR EVALUASITuliskan identitasmu di tempat yang telah disediakan!
Jangan lupa berdoa sebelum mulai mengerjakan!
Jika ada yang belum paham, tanyakan pada gurumu!
Selamat mengerjakan J
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang benar!
Istana Pasir
Istana pasir adalah bermain membuat bangunan istana terbuat dari pasir. Bahan utama yang digunakan adalah pasir dan air. Istana pasir biasanya dibuat di pantai. Membuat bangunan dari pasir dilakukan oleh anak-anak dengan menggunakan ember dan sekop. Tetapi orang dewasa sering membimbing dalam membuat istana pasir.
1.      Bahan utama untuk membuat istana pasir adalah …
2.      Istana pasir biasanya dibuat di …
3.      Istana pasir suka dibuat oleh …
4.                          Nama benda : ……………………………
                           Ciri – ciri benda : ………………………..


5.                          Nama benda : ……………………………
                           Ciri – ciri benda : ………………………..


6.      Perhatikan gambar di bawah ini! Yang termasuk kelompok benda tetap adalah nomor …
     
     1            2           3             4            5            6
7.      Yang termasuk kelompok benda tidak tetap adalah nomor …
8.      Gerakan menekuk tanpa berpindah tempat termasuk gerakan …
9.      Variasi gerakan menekuk tanpa berpindah tempat diantaranya dengan menekuk badan, tangan dan …
10.  Dalam permainan domba dan serigala, jika serigala menjawab tengah malam maka domba harus kembali ke …


Lampiran 6
Kunci Jawaban Tes Hasil Belajar dan Pedoman Penilaian
1.      Pasir dan air
2.      Pantai
3.      Anak - anak
4.      Ember, bentuknya tetap
5.      Sekop, terbuat dari kayu
6.      2,4,6
7.      1,3,5
8.      Non lokomotor
9.      Kaki
10.  Belakang garis awal
PEDOMAN PENILAIAN
Muatan Pelajaran
Nomor Soal
Skor Maksimal
Nilai Akhir
Bahasa Indonesia

1
1
Nilai Akhir =  x 100
-            Skor maksimal 7
-            Skor = 100 x 7 = 100
                        7   
2
1
3
1
4
1
5
1
6
1
7
1
Matematika
8
1
Nilai Akhir =  x 100
-            Skor maksimal 3
-            Skor =  x 3

9
1
10
1
Skor maksimal penilaian = 100
Penilaian =    x 100

REKAP PENILAIAN SOAL EVALUASI
No
NAMA SISWA
B. Indonesia
PJOK
3.1
3.2
1



2



3



4



5








Lampiran 7
INSTRUMEN PENILAIAN

1.    PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
a.      Penilaian Sikap Berdo’a Sebelum dan Sesudah Melakukan Sesuatu
No
Aspek Pengamatan
Skor
BT
MT
MB
SM
(1)
(2)
(3)
(4)
1
Berdoa sebelum dan sesudah belajar
Jika sebelum dan sesudah belajar belum berdoa
Jika berdoa sebelum atau sesudah belajar saja, dengan diingatkan guru
Jika berdoa sebelum / sesudah belajar saja, tanpa diingatkan guru
Jika berdoa sebelum dan sesudah belajar, tanpa diingatkan guru
b.      Penilaian Sikap Bersyukur
No
Aspek Pengamatan
Skor
BT
MT
MB
SM
(1)
(2)
(3)
(4)
1
Berterima kasih atas pemberian orang lain
Jika hanya 1 deskripsi yang muncul
Jika hanya 2 deskripsi yang muncul
Jika 3 deskripsi muncul
Jika 4 deskripsi muncul semua
2
Suka memberi atau menolong sesama
3
Selalu berterima kasih bila menerima pertolongan
4
Selalu menerima penugasan dengan sikap terbuka
2.      PENILAIAN SIKAP SOSIAL
b.      Sikap Disiplin
No
Aspek Pengamatan
Skor
BT
MT
MB
SM
(1)
(2)
(3)
(4)
1
Tertib dalam melaksanakan tugas 
Jika hanya 1 deskripsi yang muncul
Jika hanya 2 deskripsi yang muncul
Jika 3 deskripsi muncul
Jika 4 deskripsi muncul semua
2
Masuk kelas tepat waktu
3
Memakai pakaian seragam lengkap dan rapi
4
Mengumpulkan tugas sekolah tepat waktu
c.       Sikap Percaya Diri
No
Aspek Pengamatan
Skor
BT
MT
MB
SM
(1)
(2)
(3)
(4)
1
Berani tampil di depan kelas
Jika hanya 1 deskripsi yang muncul
Jika hanya 2 deskripsi yang muncul
Jika 3 deskripsi muncul
Jika 4 deskripsi muncul semua
2
Berani mengemukakan pendapat
3
Berani mencoba hal baru yang bermanfaat
4
Mengajukan diri mengerjakan tugas / soal di papan tulis

3.      PENILAIAN KETERAMPILAN
Menuliskan kembali kalimat yang mengandung kata perintah (KD 4.1)
Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
Siswa dapat menuliskan kembali kalimat yang mengandung kata perintah dengan kriteria:
1.      Kalimat perintah ditulis dengan memerhatikan EYD
2.      Isi kalimat sesuai dengan teks percakapan
3.      Percaya diri
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 1 kriteria
Belum dapat menuliskan kembali kalimat perintah
Menggambar imajinatif (KD 4.1)
Kriteria
Baik sekali
(4)
Baik
(3)
Cukup
(2)
Perlu Bimbingan
(1)
Siswa dapat menggambar imajinatif dengan kriteria:
1.      Bahan yang digunakan benar
2.      Alat yang digunakan benar
3.      Komposisi bentuk gambar seimbang
4.      Warna gambar bervariasi
Memenuhi 4 kriteria
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 1 kriteria
Menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan pengurangan (KD 4.3)
Aspek/Kriteria
Baik Sekali (4)
Baik (3)
Cukup (2)
Perlu Bimbi- ngan (1)
Siswa dapat menyelesaikan masalah sehari – hari yang berkaitan dengan pengurangan dengan kriteria:
1. Menyelesaikan masalah pengurangan dengan teknik pendek
2. Menyelesaikan masalah pengurangan dengan teknik panjang
3. Percaya diri
Memenuhi 3 kriteria
Memenuhi 2 kriteria
Memenuhi 1 kriteria
Belum dapat menyelesaikan soal pengurangan








Lampiran 8
LEMBAR PENILAIAN SIKAP SPIRITUAL
No
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Skor Akhir
Predikat
Berdo’a
Bersyukur
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1











2











3











4











5












LEMBAR PENILAIAN SIKAP SOSIAL
No
Nama Siswa
Aspek Pengamatan
Skor Akhir
Predikat
Disiplin
Percaya Diri
BT
MT
MB
SM
BT
MT
MB
SM
1











2











3











4











5












KETERANGAN:
BT  (1)  : Belum Terlihat
MT (2) : Mulai Terlihat
MB (3) : Mulai Berkembang
SM (4)  : Sudah Membudaya
PEDOMAN PENSKORAN:
Skor akhir menggunakan skala 1 sampai 4.
Skor maksimal setiap karakter sikap = 4 sehingga perhitungan setiap skor akhir menggunakan rumus:
Skor akhir =    x 4
Setelah diketahui skor akhir, guru dapat menentukan predikat sikap siswa berikut ini
Skor Akhir
Predikat
4,00
SB (Sangat Baik)
3,00
B (Baik)
2,00
C ( Cukup)
1,00
K (Kurang)



LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN BAHASA INDONESIA 4.1
TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2

No
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
4
3
2
1
1






2






3






4






5







LEMBAR PENGAMATAN KETERAMPILAN BAHASA PJOK 4.2
TEMA 2 SUBTEMA 4 PEMBELAJARAN 2
No
Nama Siswa
Kriteria
Predikat
4
3
2
1
1






2






3






4






5









Komentar

Postingan populer dari blog ini

resensi